free hit counter code

Aplikasi Desain Grafis Terbaik Untuk Pemula

Akhir-akhir ini, kreasi skematis jadi satu hal yang banyak disukai. Beberapa orang mulai belajar design, apa lagi ingin meniti karier di bagian ini. Ada beberapa aplikasi kreasi skematis yang bisa Anda pakai, tetapi mana yang terbaik untuk pemula?

Aplikasi kreasi skematis ini bisa Anda pakai di handphone atau di PC. Beberapa di antaranya ada yang gratis, tetapi ada pula yang berbayar. Opsi aplikasi yang kami referensikan berikut dapat membantu Anda membuat karya yang kece dan harus dikuasai bila ingin berkarier sebagai desainer grafis. Berikut penjelasannya!

Rekomendasi Aplikasi Desain Grafis Terbaik

Banyaknya pilihan aplikasi yang ada kemungkinan membuat Anda yang masih pemula kebingungan harus belajar dari mana. Berikut pilihan aplikasi yang memiliki fitur lengkap dan populer karena sering dipakai oleh banyak desainer skematis penjuru dunia!

Adobe Photoshop

Meskipun belum mempelajari karya grafis, Anda tentu pernah dengar nama software yang satu ini. Adobe Photoshop ialah aplikasi kreasi skematis yang terpopuler di dunia. Bila ingin melamar kerja sebagai desainer skematis dalam suatu perusahaan, umumnya Anda akan diharuskan untuk menguasai software yang satu ini.

Ketenaran Adobe Photoshop ialah karena beberapa fiturnya yang lengkap dan tampilannya yang user-friendly, hingga gampang dipakai dan didalami oleh pemula. Anda bisa memakai Adobe Photoshop untuk bermacam keperluan editing photo dan gambar.

Untuk mempelajari aplikasi yang satu ini, Anda akan dengan gampang mendapati tutorialnya di internet, yang paling penting ialah sering mempraktikkannya secara konsisten.

Corel Draw

Aplikasi kreasi skematis ke-2 yang harus Anda coba ialah Corel Draw. Software yang satu ini banyak dipakai oleh beberapa desainer terkemuka untuk membuat beberapa karya mereka.

Meskipun sama terkenal, Corel Draw memiliki perbedaan signifikan dengan Photoshop, lho. Aplikasi yang satu ini memungkinkan Anda membuat dengan pedoman vektor. Sehingga pas dipakai untuk membuat logo, poster, brosur, dan sebagainya.

Corel Draw bisa juga membantu Anda mengekspor serta mengimpor file ke bermacam format seperti JPG, PNG, AI, PSD, PDF, dan sebagainya. Fitur-fitur yang lengkap di Corel Draw bisa Anda cicipi di Windows dan Mac dengan membeli software ini alias berlangganan layanan tahunan.

Adobe InDesign

Aplikasi kreasi skematis yang bisa Anda coba setelah itu Adobe InDesign. Sama dengan Photoshop, Adobe InDesign dikembangkan oleh perusahaan Adobe. Software yang satu ini lebih fokus pada karya majalah, tabloid, dan media massa karena beberapa fiturnya banyak diperuntukkan untuk membuat lay-out.

Adobe InDesign pas untuk Anda yang ingin mempelajari industri publikasi. Adobe InDesign memberikan dukungan banyak format seperti JPG, PDF, DOCS, PNG, PSD, dan sebagainya. Ini membuat Anda lebih gampang untuk mengkolaborasikannya dengan software lain. Sama dengan software kreasi yang lain dari Adobe, InDesign mewajibkan Anda membayar biaya berlangganan agar dapat memakai fitur-fiturnya dengan bebas.

Adobe Illustrator

Adobe Illustrator ialah aplikasi kreasi skematis yang memiliki manfaat serupa dengan CorelDraw. Aplikasi ini fokus pada kreativitas berbasiskan vektor, karena itu Anda dapat menjadikan alternatif dari CorelDraw untuk membuat kreativitas poster, logo, spanduk, dan sebagainya.

Adobe Illustrator memiliki fitur yang lengkap dan dapat menciptakan hasil karya beresolusi sangat tinggi. Varian warna yang disiapkan di aplikasi ini lebih lengkap dan akurat, sehingga Anda lebih bebas dalam memadupadankannya.

Adobe Illustrator memiliki banyak template yang bisa Anda ambil dan pakai, sehingga benar-benar mempermudah Anda pada proses belajar dalam memakai aplikasi ini. Software ini bisa Anda pakai di PC dan mengharuskan Anda untuk bayar biaya berlangganan /tahun.

Inkscape

Aplikasi kreasi skematis selanjutnya yang bisa Anda coba ialah Inkscape. Software yang satu ini memiliki fitur yang lengkap dan tampilan user-friendly, sehingga pas untuk yang baru memulai di bagian karya grafis. Inkscape adalah software kreativitas berbasiskan vector yang bisa Anda pakai untuk membuat logo, ilustrasi, poster, dan sebagainya.

Dibanding aplikasi kreativitas skematis yang lain, Inkscape lumayan ringan tetapi masih tetap dapat hasilkan karya beresolusi tinggi. Keunggulan aplikasi ini ialah Anda dapat memakainya dengan gratis!

Inkscape ialah aplikasi kreativitas yang open-source, hingga bebas dipakai dan dikembangkan oleh banyak orang. Karenanya , Inkscape mengalami perubahan yang cepat dan pesat, dan kerap memberikan up-date pada beberapa fiturnya.

GIMP

Aplikasi kreativitas skematis terbaik yang bisa Anda coba ialah GIMP. GIMP sendiri sebagai singkatan dari GNU Image Manipulation Program. Software ini memiliki fitur yang serupa dengan Photoshop dan bisa dipakai untuk mengedit photo atau gambar.

Untuk Anda yang memakai Linux, aplikasi ini pas untuk Anda karena bisa diinstall secara mudah di banyak distro Linux. Tetapi, aplikasi ini bisa juga dipakai dengan OS Windows dan OS X.

Karena ukuran yang lebih enteng dibanding aplikasi kreativitas seperti Photoshop dan Illustrator, GIMP bisa diinstall di computer yang memiliki spesifikasi terbatas. Sehingga, Anda masih tetap dapat belajar kreativitas skematis meskipun tidak memakai laptop berspesifikasi tinggi.

GIMP sediakan bermacam tutorial di situs resmi mereka, lho. Nanti Anda dapat memakai tutorial ini untuk makin mempelajari aplikasi yang satu ini. GIMP adalah software kreativitas skematis yang gratis dan open-source, sehingga Anda bebas memakainya tanpa biaya.

Figma

Figma ialah program kreativitas skematis yang fokus pada vektor dan prototyping. Ini membuat unik karena Figma umumnya dipakai oleh UI/UX designer dalam membuat sebuah produk. Software yang satu ini bisa Anda pakai lewat cara online dan dijangkau langsung lewat browser. Memakai Figma memungkinkan Anda untuk bekerja-sama dengan desainer yang lain dalam tim Anda.

Anda bisa memakai Figma di PC dengan sistem operasi Windows dan Mac. Figma memiliki software pendukung berjuluk Figma Mirror yang membantu Anda melihat tampilan prototipe lewat handphone. Bila Anda tertarik untuk berkarier di bumi UI/UX, software yang satu ini harus Anda kuasai.

Leave a Comment