free hit counter code

Cara Agar Monitor Komputer atau Laptop Lebih Lama Menyala

Bagaimana cara seting supaya monitor laptop selalu standbay (menyala) dalam posisi yang lama? Pertanyaan ini kemungkinan ada saat laptop punya kamu sesudah beberapa saat dipakai dan ditinggalkan mati (off) cuma dalam hitungan detik saja. Untuk kamu yang memerlukan waktu monitor standby yang lumayan lama. tentu akan tergangu dengan kondisi ini. Nah pada ulasan kali ini kita sedikit akan membahas dan menyelesaikan cara supaya monitor laptop dapat terus menyala lebih lama (waktu standby lebih panjang).

Tutorial cara seting monitor ini dilakukan pada windows 10. Untuk windows 7 dan 8 caranya hampir serupa. Kemungkinan cuma berbeda pada tampilan. Selebihnya sama juga. Nah langsung kita awali untuk melakukan seting standby monitor laptop.

Pertama, masuk ke control panel >> hardware and sound. Agar semakin mempermudah pencarian, di bagian atas kanan pilih tampilan berdasarkan category (View by : Category). Untuk memperjelasnya silakan cek gambar berikut ini yang kami berikan warna kuning.

Selanjutnya, sesudah masuk pada Hardware and Sound pilih kembali pada Power Options >> Change when the computer sleeps. Sehingga muncul pengaturan seterusnya untuk mengatur seting lama monitor standby (menyala).

Nah saat ini kita telah masuk pada pengaturan seting lama laptop standby (menyala). Ada tiga opsi disitu, ke-3 nya mempunyai fungsi sendiri sendiri sesuai keperluan.Fungsi setiap bagian dapat dilihat pada keterangan berikut ini.

Ket:

On battery : Posisi laptop saat dalam kondisi hanya menggunakan battery laptop saja. Berarti tidak sedang pada keadaan di charger (dicas). Sehingga seting khusus saat battery laptop digunakan atau terpasang dan sedang tidak di charger (dicas).

Plugged in : Keadaan laptop saat pada kondisi dihubungkan ke pengisi daya ( saat di cas) . Maka intinya keadaan saat laptop di charger. Baik saat itu ada battery atau tidak . Jadi seting yang berjalan di saat laptop dicharger dengan daya.

Turn of the display : Kapan saat display (monitor) mati. Di sini kita mempunyai dua opsi yaitu on battery (saat memakai battery) dan plugged in ( saat di charger). Kita mengatur berapa lama monitor akan mati dan masih tetap menyala di bagian ini. Kamu dapat ubah sesuai keperluan. Defaultnya ialah 5 menit pada on battery (saat memakai battery) dan 5 menit pada plugged in (saat di charger). Sama seperti yang dapat kamu saksikan pada gambar di atas. Lamanya waktu untuk monitor mati telah kita ganti jadi 15 menit on baterai dan 20 menit plugged in.

Jadi pokok dari ulasan kita kesempatan ini ialah pada pengaturan itu. Kamu dapat merubahnya sesuai keperluan, dapat diganti 10 menit, 20 menit, 1 hour (1 jam), 5 hour (5 jam), dst. Sama seperti yang dapat kamu saksikan berikut ini.

Apabila sudah oke dengan pilihannya. Seterusnya klik (pilih) save. Maka saat ini monitor laptop milik kamu akan menyala dan mati sepanjang waktu yang kamu tentukan.

TAMBAHAN

Untuk dua pengaturan yang lain yaitu Put the computer to sleep dan adjust plan brightness dipakai untuk pengaturan berapakah lama waktu yang kamu perlukan saat laptop pada keadaan sleep dan untuk mengatur kecerahan monitor laptop kamu.

Put the computer to sleep : mengatur lamanya waktu computer pada keadaan sleep. Kamu dapat pilih waktu yang diperlukan laptop untuk sleep dalam dua keadaan on battery dan plugged in seperti pada pengaturan turn off the display.

Adjust plan brightness : mengatur kecerahan monitor. Langkah ini dapat kamu pakai saat tombol kecerahan monitor tidak berfungsi. Caranya dengan menggerser ke kanan dan kekiri. Ke kanan maka monitor akan makin terang, ke kiri maka monitor akan makin gelap. Di bagian ini kamu memiliki dua pengaturan yaitu saat on battery (saat menggunakan battery) dan plugged in (saat laptop pada keadaan di charger/ dicas).

Leave a Comment