free hit counter code

Cara Jitu Membuat Baterai Android Lebih Awet

Di zaman saat ini, siapakah yang tidak mengenal dengan yang bernama handphone, sebagian besar kelompok dimulai dari anak kecil, remaja, sampai orangtua berpindah dari smartphone yang semula keperluanya cuma sekedar untuk telepon dan sms jadi Handphone di mana keperluan beberapa pemakai benar-benar di manjakan dengan keringanan yang di tawarkan. Bagaimana tidak, sekarang semua handphone ada pada satu alat !, Hebat bukan..
sebutlah saja OS Android, yang cuma dalam beberapa tahun saja sudah sukses menggantikan perhatian masyarakat luas.

Tetapi dibalik kemudahan yang ditawarkan, sudah pasti ada kekurangan. ya, ‘tak ada gading yang tidak retak’. Kemungkinan inilah istilah yang cocok, sehebat apa saja gadgetnya, banyak beberapa pemakai merasakan jika ketahanan Baterai pada handphone sangat kurang atau cepat sekali habis. Dapat hampir dipastikan, dalam satu hari tentu sekali charge, lain dengan smartphone non-smartphone yang bisa bertahan sampai tiga hari tanpa charge.

Pada handphone android keperluan Internet menjadi satu diantara factor kenapa baterai cepat habis, karena daya yang dipakai saat handphone online semakin lebih besar daripada saat tidak meng-aktifkan akses internet.


Sayang kebiasaan kita ialah saat baterai hampir habis, lalu kita charge tapi karena masih asyik dengan handphone kita pada akhirnya handphonepun masih tetap kita gunakan dalam keadaan charge. Inilah salah satu aspek baterai akan cepat Bocor. Jadi seharusnya, saat handphone sedang di charge, tidak boleh kita pakai tapi kita biarkan atau lebih bagus bila kita non aktifkan. Cara ini akan membuat usia baterai semakin lebih tahan lama.

Nah ada cara-cara tepat membuat baterai android lebih tahan lama, apa saja itu ? mari kita ulas..

  1. Coba untuk mematikan perangkat saat sedang di charge. penerapan gampangnya saat kita sedang tidur.
  2. pencarian sinyal / signal yang kurang kuat saat ada di daerah jadi faktor baterai semakin lebih cepat habis, jadi upayakan saat ada di daerah yang ber-sinyal rendah, tidak boleh aktifkan jaringan data.
  3. matikan fungsi ‘vibrate’ pada handphone, karena getaran semakin lebih memakan daya baterai daripada ringtone.
  4. mengatur seminim mungkin waktu backlight. misalkan 15 detik.
  5. matikan fungsi gps, bluetooth, wifi bila tidak sedang dipakai.
  6. saat sedang ada di perjalanan, aktifkan cuma model GSM saja.
  7. hindari lokasi handphone di area yang panas.
  8. hanya isi baterai saat mendapatkan pemberitahuan battery lemah, umumnya di saat ada di level 15 %, dan yakinkan charge sampai betul – betul penuh 100%
  9. Tutup aplikasi yang tidak dipakai, karena pada intinya, tiap aplikasi yang berjalan pada android saat kita tutup itu tidak betul – betul tertutup tetapi cuma berjalan pada latar belakang. jadi pakai fitur task manager untuk meng-kill aplikasi yang tidak kita pakai.
  10. Pakai wallpaper warna gelap / hitam, karena OS akan lebih makan daya saat brightness monitor tinggi.

Demikian cara tepat membuat baterai android lebih tahan lama.

Bila ada pertanyaan seputar android, silakan tanya di sini.. 

Leave a Comment