free hit counter code

Cara Membuat Background Transparan di Photoshop

Sebuah gambar akan kelihatan lebih baik bila diperlengkapi background cantik. Tetapi tidak seluruhnya gambar memerlukan penuh warna. Untuk photografi produk sampai design situs, kadang gambar lebih bagus tanpa background. Untungnya, langkah membuat background transparan di photoshop lumayan gampang.

Pada Photoshop 2020, ada sebuah fitur yang dapat menghapus backgorund secara otomatis memakai kecerdasan buatan. Tetapi, sehebat apapun kemampuan A.I, tidak pernah seterampil manusia dalam lakukan editing gambar yang kompleks. Untuk itu, penghapusan background manual mungkin tetap dibutuhkan. Lebih lanjut, berikut langkah membuat latar belakang transparan di photoshop:

Hapus Background Asli

Saat sebelum mengawali pada langkah membuat latar belakang transparan di photoshop 2020, pastikan software terbaru ini telah ada di PC/Laptop. Apabila sudah ada, di bawah ini beberapa langkah yang perlu dijalankan:

  1. Mulai dengan menyalin latar belakang layer supaya bisa membuat layer yang hendak dipakai untuk membuat background transparan.
  2. Salin semua sisi foto atau gambar photo (command + A di MacOS atau Ctrl + A di Windows) lalu tempel.
  3. Di panel layer, klik icon mata di samping latar belakang layer untuk sembunyikan background.
  4. Saat ini edit foto atau gambar, sudah berpindah pada layer yang baru dibuat.
  5. Kilik Remove Background di bawah Quick Actions
  6. Nantikan beberapa saat sampai program menemukan subyek dan menghapus latar belakang
  7. Setelah selesai, akan kelihatan subyek pada background transparan (berbentuk pola kotak-kotak).
  8. Bila bagian latar belakang transparan itu tidak kelihatan, periksa lagi apakah latar belakang aslinya telah disembunyikan (cek pada simbol mata di samping layer)
  9. Apabila sudah puas dengan hasilnya, hapus latar belakang layer asli dan taruh file dalam PNG supaya transparasi tetap terjaga
  10. Untuk lakukan edit selanjutnya, file dapat disimpan dalam bentuk PSD

Metode cepat dengan memakai shortcut ini hasilnya tidak selamanya pas sama seperti yang diharapkan. Karena itu dibutuhkan editing dengan manual.

Cara Manual di Photoshop

Langkah membuat latar belakang transparan di photoshop dengan manual kemungkinan sedikit repot, tapi akan lebih memungkinkan untuk memperoleh hasil terbaik. Mengedit dengan manual akan menghasilkan edit gambar yang halus dan bagus.

1. Memilih Alat Penghapus Background

Membuat latar belakang transparan akan melibatkan pemilihan object gambar yang disimpan dan object gambar yang dihapus. Berikut alat di photoshop yang bisa digunakan untuk fungsi itu.

  • Magic Wand – alat ini paling gampang dipakai karena bisa memilih semua pixel dengan warna yang serupa.
  • Select Object – dengan kecerdasan buatan alat ini berfungsi untuk memilih batas-batas suatu object. Dengan Select Object dapat dibuat garis kasar untuk memberikan object mana yang hendak dipotong, dan Photoshop A.I. akan lakukan sisanya.
  • Rectangular dan Elliptical – untuk object yang berbentuk segi panjang sempurna atau lingkaran sempurna ke-2 alat ini akan berperan secara baik.
  • Lasso, Select Subject, dan Select and Mask – alat-alat ini bekerja baik sekali untuk menghapus latar belakang yang lebih kompleks.

2. Memindahkan Object ke Layer Baru

Simpan foto atau gambar yang telah dipilh di layer baru dengan copy (Ctrl+C) dan paste (Ctrl + V) di layer baru. Foto atau gambar yang telah dipilih otomatis akan ada di layer baru.Lalu, klik icon mata di samping latar belakang yang asli dan background bisa menjadi transparan.

3. Menghapus dan Simpan File

Pilih layer latar belakang di bawah panel layers dan hapus bagian ini. Sesudah dihapus, yang kelihatan hanya layer baru dengan latar belakang transparan yang tadi dibuat. Saat menyimpan file, yakinkan pilih file PNG untuk menjaga latar belakang transparannya. Dianjurkan untuk membuat salinan file ke-2 berbentuk PSD untuk keperluan mengedit ulang.

Leave a Comment