free hit counter code

Componen Infrastruktur Cloud Computing

Infrastruktur cloud berisi perangkat penyimpanan, server, jaringan, perangkat lunak manajemen cloud, penerapan perangkat lunak, dan virtualisasi platform.

Cloud Computing

Komponen Infrastruktur Cloud

Komponen infrastruktur cloud adalah:

  1. Management software
  2. Deployment software
  3. Hypervisor
  4. Network
  5. Server
  6. Storage

Management software – mendukung untuk membangun dan memelihara infrastruktur

Deployment software – digunakan untuk menyebarkan dan menggabungkan aplikasi di cloud.

Hypervisor – Hypervisor juga dikenal sebagai monitor mesin virtual. Hypervisor adalah perangkat lunak yang bertindak seperti manajer mesin virtual. Ini memungkinkan untuk berbagi satu contoh fisik sumber daya cloud di antara berbagai penyewa.

Ada dua jenis hypervisor:

  • Native hypervisor
  • Hosted hypervisor

Network – Jaringan adalah komponen utama dari teknologi cloud. Ini memungkinkan pelanggan untuk terhubung ke cloud melalui internet. Dimungkinkan untuk mengirimkan jaringan sebagai utilitas melalui internet, yang berarti pengguna dapat menyesuaikan rute jaringan dan protokol.

Server – Server adalah komponen infrastruktur cloud yang mendukung untuk menghitung pembagian sumber daya dan menyediakan layanan seperti memantau sumber daya, alokasi sumber daya, dan de-alokasi, menyediakan keamanan, dll.

Storage – Ada berbagai salinan data yang disimpan di cloud sehingga jika bagaimanapun, sumber daya apa pun gagal, maka data dapat diambil dari yang lain. Jadi, penyimpanan adalah komponen penting lainnya dari infrastruktur cloud.

Kendala Infrastruktur

Kendala infrastruktur tersebut adalah:

  1. Transparency
  2. Scalability
  3. Intelligent monitoring
  4. Security

Transparency – Virtualisasi menyediakan fasilitas berbagi sumber daya di lingkungan cloud. Namun dalam hal ini, tidak mungkin memenuhi permintaan dengan sumber daya tunggal, oleh karena itu transparansi dalam sumber daya, penyeimbangan beban, dan aplikasi diperlukan agar penskalaan dilakukan secara efisien saat diperlukan.

Scalability – Meningkatkan solusi pengiriman aplikasi bukanlah tugas yang mudah seperti meningkatkan skala aplikasi karena terdiri dari overhead konfigurasi atau bahkan re-arsitektur jaringan. Jadi, solusi pengiriman aplikasi harus dapat diskalakan yang akan membutuhkan infrastruktur virtual sehingga sumber daya dapat disediakan dan dicabut dengan cara yang mudah.

Intelligent monitoring – Pengiriman solusi aplikasi harus mampu melakukan pemantauan cerdas untuk mencapai transparansi dan skalabilitas.

Security – Pusat data super cloud harus berarsitektur aman. Ada juga kebutuhan untuk melindungi titik kontrol, titik masuk di pusat mega data.

sumber: https://www.tutorialandexample.com/

Leave a Comment