free hit counter code

Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing

Kelebihan Cloud Computing

  1. Biaya rendah: – Keuntungan paling signifikan dari cloud computing adalah biaya rendah. Dalam cloud computing untuk menjalankan teknologi cloud, tidak diperlukan komputer dan teknologi berdaya tinggi karena aplikasi akan berjalan di cloud, bukan di PC pengguna.
  2. Kapasitas penyimpanan: -Penyedia Cloud menyediakan penyempanan yang besar. Ukuran penyimpanan cloud tidak terbatas, dan umumnya menawarkan kapasitas penyimpanan 2000-3000 GB atau mungkin lebih, tergantung kebutuhan.
  3. Meningkatkan Daya komputasi: – Keuntungan lain dari cloud computing adalah melayani kompetensi yang sangat tinggi dalam menjalankan dan memproses tugas dan pemrosesan aplikasi.
  4. Kurangi biaya perangkat lunak: – Cloud mengurangi biaya perangkat lunak karena tidak perlu membeli perangkat lunak untuk setiap komputer dalam suatu organisasi.
  5. Pembaruan: -Pembaruan adalah keuntungan lain dari cloud computing. Dalam cloud computing, pembaruan perangkat lunak bisa secara instan dan pengguna tidak akan memiliki masalah mengenai pilihan antara pemutakhiran dan tingginya upgrade perangkat lunak.
  6. Cloud mendukung tipe pembayaran per penggunaan: – Salah satu keuntungan utama cloud adalah bayar per penggunaan, pengguna bisa membayar hanya untuk sumber daya dan beban kerja yang mereka gunakan.
  7. Tingkatkan aksesibilitas: – Anda dapat mengakses di mana saja, kapan saja, membuat hidup Anda lebih mudah.
  8. Mempersingkat proses: – Selesaikan lebih banyak pekerjaan dalam waktu yang lebih singkat dengan lebih sedikit orang.

Kekurangan Cloud Computing

  1. Kecepatan internet: – Teknologi cloud membutuhkan koneksi internet berkecepatan tinggi karena aplikasi berbasis web seringkali membutuhkan bandwidth yang besar.
  2. Koneksi internet Stabil: – Tanpa internet, penggunaan infrastruktur cloud tidak mungkin. Koneksi internet yang stabil diperlukan untuk mengakses aplikasi apa pun di penyimpanan cloud.
  3. Keamanan: – Kerugian paling signifikan dari cloud adalah keamanan. Data di cloud tidak aman. Mungkin ada kemungkinan kehilangan data karena pengguna yang tidak bertanggung jawab dapat mengakses data pengguna.
  4. Masalah teknis: – Anda tidak dapat mengelolanya sendiri ketika ada masalah, Anda mungkin harus menghubungi dukungan pelanggan yang akibatnya tidak siap 24/7. Itu adalah masalah besar karena untuk jenis dukungan ini Anda juga harus membayar sejumlah uang.

Cara Kerja Cloud Computing

Misalkan Anda adalah seorang eksekutif di sebuah perusahaan yang sangat besar. Tanggung jawab khusus Anda adalah untuk memastikan bahwa semua karyawan Anda memiliki perangkat keras dan perangkat lunak yang tepat yang mereka butuhkan untuk melakukan tugas mereka. Untuk membeli komputer setiap orang tidak cukup. Saat ini Anda memiliki perangkat lunak serta lisensinya dan setelah itu, Anda berikan perangkat lunak itu kepada karyawan Anda saat mereka membutuhkannya, dan kapan pun Anda mempekerjakan karyawan baru, Anda mungkin juga harus membeli lebih banyak perangkat lunak. Jadi, dalam konteks ini Anda harus mengeluarkan banyak uang.
Tapi inilah mungkin solusi eksekutif seperti Anda. Jadi, alih-alih menginstal perangkat lunak untuk setiap komputer, Anda hanya perlu menginstal satu aplikasi. Aplikasi ini memungkinkan karyawan untuk masuk ke layanan berbasis web yang menampung semua program untuk pengguna yang diperlukan untuk pekerjaannya. Server jarak jauh yang dibeli dari perusahaan lain itu akan menjalankan semuanya, mulai dari email, pengolah kata, hingga program analisis data yang kompleks. Ini disebut cloud computing, dan itu bisa mengubah seluruh industri komputer.
Dalam sistem cloud computing, ada pergeseran beban kerja yang krusial. Komputer lokal tidak perlu melakukan semua pekerjaan berat saat menjalankan aplikasi. Tetapi cloud computing dapat menangani beban berat sebanyak itu dengan mudah dan tentunya tidak diragukan lagi. Permintaan perangkat keras dan perangkat lunak di sisi pengguna menurun. Satu-satunya hal yang dibutuhkan komputer pengguna adalah untuk dapat berjalan di perangkat lunak antarmuka sistem cloud computing, yang dapat sesederhana browser web dan jaringan cloud menangani masalah lain.
sumber: https://www.tutorialandexample.com/

Leave a Comment